Pendaftaran Calon Taruna IPDN Tahun 2016

Penerimaan Calon Taruna IPDN Tahun 2016 - Berdasarkan surat pengumuman Menpan nomor B/1268/M.PAN-RB/03/2016  tentang di bukanya penerimaan mahasiswa baru di  7 sekolah kedinasan (infonya silahkan baca disini). pada tanggal 29 Maret Pendaftaran Calon Taruna IPDN tahun 2016 telah resmi di buka. Sesuai dengan jadwal yang tertera dalam laman resmi Menpan bahwa pendaftaran online sudah mulai dapat di akses pada tanggal 29 maret s.d 25 april 2016. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

PENGUMUMAN


BAGI CALON PESERTA YANG TELAH TERDAFTAR DI MENPAN MULAI SAAT INI SUDAH DAPAT MELAKUKAN UPLOAD DATA DI PORTAL SPCP.IPDN.AC.ID

  1. Call Center beroperasi mulai tanggal 30 Maret 2016 pukul 08:00 s/d 22.00 WIB
  2. Pendaftaran dilakukan di Website Menpan (http://panseldikdin.menpan.go.id).
  3. Pendaftaran akan dilanjutkan di Website IPDN (http://spcp.ipdn.ac.id/spcp) menggunakan Username dan Password yang telah dibuat oleh Pendaftar di Website Menpan (http://panseldikdin.menpan.go.id). untuk melengkapi Data Diri, Data Orang Tua, dan Berkas yang diperlukan. Username dan Password akan Aktif paling lambat 24 Jam setelah Mendaftar di Website Menpan (http://panseldikdin.menpan.go.id).
  4. Selamat Berjuang.

Khusus untuk jadwal pendaftaran Calon Taruna IPDN tahun 2016 dapat dilihat pada status yang dilingkari diatas. 

Pada tahun ini khusus untuk 7 sekolah kedinasan memang pengumumannya melalui surat yang dikeluarkan Menpan kemudian lanjut diumumkan oleh masing-masing sekolah kedinasan yang bersangkuran, berbeda dengan tahun lalu dimana sekolah kedinasan yang memang menentukan tanggal pendaftarannya sendiri dan mengumumkan secara resmi disitusnya, tapi apapun itu yang patut disyukuri bahwa penerimaan sekolah kedinasan seperti STAN bisa lebih awal.

Hal lain yang menjadi perhatian adalah, dalam pengumuman tersebut di jelaskan bahwa setiap calon pendaftar hanya diperbolehkan mendaftar disalah satu sekolah kedinasan diatas, jadi setiap calon mahasiswa memang harus pandai-pandai menghitung peluang dan tingkat persaingan di tiap-tiap sekolah..,contohnya saja untuk masuk di sekolah kedinasan seperti STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) maka kamu harus bersaing dengan banyak orang dan tentu tingkat kesulitannya lebih tinggi dan alur seleksinya juga lama. beberapa hari lalu saja menpan sempat mempublikasikan jumlah pendaftar di 7 sekolah kedinasan, dan hasilnya STAN menjadi favorit, baca di sini saja infonya 

Jumlah kuota Calon Praja IPDN yang diterima tahun 2016
Dalam pengumuman itu juga disebutkan bahwa khusus untuk penerimaan IPDN tahun 2016, Kementerian dalam Negeri membuka penerimaan calon praja IPDN sebanyak 900 Praja. 

Tahapan Seleksi dan Prosedur
Sebelum menjadi Calon Praja IPDN maka para calon peserta diwajibkan untuk mendaftar dan mengikuti semua tahapan tes yang akan diujikan. Jika para pendaftar/peserta di tiap tes nya sampai dengan tes akhir memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan maka dapat dinyatakan lulus sebagai calon praja IPDN. Begitu pula sebaliknya jika salah satu item Tahapan Tes Yang diujikan ada yang GAGAL/GUGUR atau Tidak Memenuhi Syarat maka dinyatakan GAGAL karena sistem tahapan tes yang dilakukan IPDN dalam Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) baru menggunakan sistem GUGUR.
TAHAPAN DAN MATERI SELEKSI:
  1. Pendaftaran dengan sistem elektronik;
  2. Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan system Computer Assisted Test (CAT);
  3. Tes Kesehatan;
  4. Tes Psikologi dan Tes Integritas & Kejujuran;
  5. Tes Pantukhir (Di IPDN Jatinangor) meliputi :
    • Verifikasi faktual dokumen administrasi
    • Tes ulang kesehatan
    • Tes Kesemaptaan
    • Wawancara
Sekian dulu info Pendaftaran Calon Taruna IPDN Tahun 2016 semoga bermanfaat yah.. 
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar, dan terima kasih telah berkunjung di blog kami ConversionConversion EmoticonEmoticon