Penerimaan Mahasiswa Baru STIS tahun 2016/2017


Penerimaan Mahasiswa Baru STIS tahun 2016/2017 - Hayooo yang pada suka pelajaran hitungan nih,,buruan daftar sekolah ini, yang jelas mimin paling nggak bisa nih pelajaran satu ini hehe.. yahh namanya juga anak SMEA jurusan akuntansi. Jadi kalau ada yang nanya lahh kan dulu anak STAN kak..?? nahh itu dia syukur-syukur mimin lulus mata kuliah statistik ini hehe...

Kalau kamu bisa kuliah di sini (STIS), kamu nggak cuman jago statistik loh.., kamu juga bakal di angkat jadi pegawai negeri SIPIL alias (PNS) dan bekerja di Badan Pusat Statistik yang ditempatkan di berbagai pelosok negeri tercinta. Dan denger-denger tunjangan remunerasinya juga gede loh... hayooo tunggu apa lagi..? jangan kebanyakan mikir... segera daftarkan dirimu di sekolah statistik, tempatnya orang-orang yang jago statistik.

Nah sekarang pertanyaanya, gimana min tata cara pendaftaran STIS tahun 2016, dan apa saja syarat-syaratnya,,, yukk kita bahas satu-satu ya :)

Intro sikit yah biar makin joss "Jadi Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi institusi pendidikan yang berkualitas dan unggul di bidang statistik.
Pada tahun akademik 2016/2017, STIS menyelenggarakan program studi:
  • Diploma III (D-III) Statistika
  • Diploma IV (D-IV) Statistika
  • Diploma IV (D-IV) Komputasi Statistik
Program studi D-III ditempuh selama 3 tahun. Lulusan program studi D-III STIS mendapat sebutan Ahli Madya Statistika (A. Md. Stat.) dan akan ditempatkan sebagai Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) di lokasi tertentu di Indonesia (Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua).
Program Studi D-IV ditempuh selama 4 tahun. Lulusan program studi D-IV STIS mendapat sebutan Sarjana Terapan Statistika (S. Tr. Stat.) dan akan ditempatkan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor BPS seluruh Indonesia.
STIS akan menerima sebanyak 100 orang untuk program studi D-III dan 400 orang untuk program studi D-IV.
Status mahasiswa STIS terbagi menjadi dua, yaitu Ikatan Dinas dan Tugas Belajar.
  • Ikatan Dinas. Mahasiswa Ikatan Dinas merupakan lulusan SMA/MA yang setelah lulus pendidikan di STIS akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dan selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Lulusan STIS dengan status ikatan dinas wajib menjalani ikatan dinas dengan BPS sesuai dengan penempatannya selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut. 
    Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan mendapat tunjangan ikatan dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • Tugas Belajar. Merupakan jalur seleksi untuk mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai tetap pada BUMN/BUMD, atau anggota TNI/POLRI, dan telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA jurusan IPA, yang ditugasi oleh instansi yang bersangkutan untuk mengikuti pendidikan di STIS. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas.
sumber: websiter resmi STIS (sekolah tinggi ilmu statistik)

Tata Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru STIS Tahun 2016/2017

Setelah penjelasan panjang lebar diatas, nah sekarang waktunya kita daftar online, tapi sebelum daftar online pastikan dulu dong berkas-berkas pendaftaran kalian sudah disiapkan.,apa saja berkas-berkas yang perlu kamu persiapkan., berikut berkas-berkas persyaratan penerimaan mahasiswa baru STIS tahun 2016.

Jika anda ingin melakukan pendaftaran, berikut adalah yang perlu anda siapkan.
  1. Anda harus membaca dan memahami baik-baik, ketentuan yang ada pada informasi yang ada di Penerimaan Mahasiswa Baru STIS TA 2016/2017. Jika belum, silakan anda baca penjelasan di atas tentang status mahasiswa STIS yang di bagi menjadi dua Ikatan Dinas dan Tugas Belajar.
  2. Anda harus memiliki alamat email untuk masing-masing peserta. Alamat email harus dalam keadaan aktif dan anda dapat membukanya, karena seluruh informasi akan diberikan melalui email.
  3. Anda harus menyiapkan data identitas anda, nilai rapor sesuai ketentuan yang ada pada informasi di atas, dan pasfoto digital dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Pasfoto harus formal, seperti untuk rapor, ijazah, paspor, atau tanda pengenal yang lain.
    • Pasfoto harus hitam putih atau berwarna dengan latar belakang warna merah atau biru.
    • Pasfoto dapat dicetak dengan ukuran 3.5 x 4.5 centimeter.
    • File harus dalam format JPEG yang berekstensi jpg atau jpeg, dengan ukuran file maksimal 120 Kilobytes.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kami sarankan anda menggunakan internet browser yang mendukung, seperti Internet Explorer minimal versi 7, Firefox minimal versi 3.6, Safari minimal versi 4, Chrome minimal versi 6, Opera minimal versi 10.60.
  5. Jika anda telah menyiapkan semua itu, silakan anda klik link di bawah ini untuk memulai pendaftaran.
Setelah semua data-data diatas telah kamu siapkan.. yukkk langsung saja kita menuju TKP (tempat kita mendaftar online) ini situs pendaftaran online STIS tahun 2016


KLIK MULAI PENDAFTARAN


Untuk syarat-syarat pendaftarannya silahkan baca di bawah ini:


Perlu diperhatikan bahwa di brosurnya terdapat biaya pendaftaran sebesar Rp300.000, nah itu dibayarkan secara online ya alias trasnfer bank. Biaya seleksi dibayarkan melalui Teller atau ATM Bank BRI. melalui Bank BRI atau Bank Mandiri. (biasanya antara bank dan pihak panitia sudah bekerja sama, jadi kalian tinggal bilang aja ke teller nya "saya mau bayar pendaftaran STIS tahun 2016", dan jangan lupa minta kwitansi yah)

Nah jika ada yang perlu ditanyakan dengan pantia silahkan mengontak mereka di 

Hotline PMB (021) 85900884
(Jam Kerja Senin-Jumat Pukul 08.00 WIB - 15.30 WIB)

atau bisa juga mendatangi kantor-kantor BPS yang terdekat dari rumahmu, bisa juga bertanya kepada alumni STIS maupun yang masih bersekolah atau bisa juga bertanya di blog ini.,silahkan tulis saja di kolom komentar. oke sekian dan terima kasih.. :) semoga sukses 

Oiaaa satu lagi.. untuk jadwal-jadwal penting sehubungan dengan penerimaan mahasiswa baru STIS tahun 2016/2017 silahkan catat informasinya di bawah ini: 

Jadwal Penting

TanggalKegiatanKeterangan
1 Maret s.d. 30 April 2016Pendaftaran online Calon Mahasiswa Ikatan DinasOnline di Website STIS
1 Maret s.d. 23 April 2016Pendaftaran online Calon Mahasiswa Tugas Belajar Non BPS
14 Mei 2016
Ujian Tahap I (Matematika dan Bahasa Inggris)Lokasi ujian D4 di 33 provinsi, Lokasi ujian D3 di wilayah tertentu
28 Mei 2016Pengumuman hasil ujian tahap IOnline, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
30 Mei s.d. 1 Juni 2016Pendaftaran ulang online untuk mengikuti ujian tahap IIOnline di Website STIS
11 Juni 2016Ujian tahap II (Psikotes)Lokasi ujian D4 di 33 provinsi, Lokasi ujian D3 di wilayah tertentu
25 Juni 2016Pengumuman hasil ujian tahap IIOnline, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
27 s.d. 29 Juni 2016Pendaftaran ulang online untuk mengikuti ujian tahap IIIOnline di Website STIS
16 s.d. 22 Juli 2016Ujian tahap III (TKD, wawancara dan tes kesehatan)
6 Agustus 2015Pengumuman hasil ujian tahap IIIOnline, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
29 s.d. 31 Agustus 2016Daftar ulangKampus STIS

Catatan

  1. Pendaftaran dilakukan secara online di website STIS di Aplikasi SPMB STIS.
  2. Untuk Jalur Tugas Belajar, pendaftaran paling lambat tanggal 23 April 2016. Berkas pendaftaran dikirimkan ke Kampus STIS paling lambat sudah harus diterima tanggal 27 April 2016.
  3. Biaya seleksi dibayarkan melalui Teller atau ATM Bank BRI. melalui Bank BRI atau Bank Mandiri. Pembayaran harus dilakukan sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan pada waktu pendaftaran.
  4. Penentuan/perubahan lokasi ujian hanya bisa dilakukan pada waktu pendaftaran online berlangsung.
  5. Untuk Ikatan Dinas, bagi yang dinyatakan lulus ujian tahap II dan akan mengikuti ujian tahap III, wajib menyerahkan berkas di bawah ini pada waktu ujian seleksi tahap III (wawancara):
    1. Fotokopi Rapor SMA/MA yang telah dilegalisir (halaman yang berisi data pribadi dan nilai).
    2. Fotokopi Ijazah SMA/MA yang telah dilegalisir. Bagi yang lulus tahun 2016 tetapi belum memiliki ijazah, dapat digantikan dengan Surat Tanda Kelulusan (SKL) atau Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) asli atau yang telah dilegalisir.
  6. Jadwal wawancara ditentukan oleh penyelenggara ujian setempat.
  7. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi ujian masuk, dan akan mengikuti kuliah di STIS, wajib melakukan pemberkasan, yaitu: (i) untuk Calon Mahasiswa Ikatan Dinas harus menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID), (ii) untuk Calon Mahasiswa Tugas Belajar Instansi Non BPS harus memastikan akan mengikuti tugas belajar. Pemberkasan dilakukan langsung di Kantor BPS Provinsi setempat atau di Kampus STIS.
SEKIAN DAN TERIMA KASIH 


Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar, dan terima kasih telah berkunjung di blog kami ConversionConversion EmoticonEmoticon