Pendaftaran Mahasiswa Baru STMKG 2016/2017

Pendaftaran Online Mahasiswa Baru STMKG 2016/2017 mulai di buka pada tanggal 21 Maret s/d 22 April 2016, hal ini seperti yang termuat dalam pengumuman menpan tentang 7 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran. silahkan baca di sini infonya 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) sebanyak 250 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Maret s/d 22 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 11 Mei s/d Selesai);

Pernyataan di atas ku kutip dalam pernyataan resmi menpan di situs resminya, setelah itu melalui situs resmi STMKG juga akhirnya mengeluarkan pengumuman Pendaftaran Mahasiswa Baru STMKG 2016/2017. belum tau syarat-syaratnya,, kita simak yukk.. :) 

Ketentuan Pendaftaran

A. Syarat Umum Calon Taruna :

  1. Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, tidak berkacamata.
  2. Umur tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 September 2016 (lahir setelah tanggal 31 Agustus 1993 atau sebelum tanggal 31 Agustus 1999).
  3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  4. Bebas narkoba.
  5. Lulus atau akan Lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak atau Teknik Komputer dan Jaringan.
  6. Lulusan SMK dengan kompetensi keahlian pada No. 5 tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi. Kompetensi keahlian selain tersebut pada no. 5 tidak akan diterima. (yang sering di tanyakan)
  7. Nilai Kognitif untuk Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris di Klas XI semester 2 dan Klas XII semester 1 masing-masing minimal 70 (bukan hasil pembulatan atau hasil rata-rata).
  8. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  9. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria, dan 156 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  10. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


B. Syarat Khusus Calon Taruna :

  1. Memenuhi seluruh persyaratan tersebut pada butir (A),
  2. Lulus Ujian Nasional SMA/MA/SMK,
  3. Mempunyai ijazah SMA/MA/SMK,
  4. Memenuhi Nilai Ambang Batas Test Kemampuan Dasar (TKD),
  5. Lulus Test Kemampuan Akademik (TKA), dan
  6. Lulus Test Kesehatan dan Wawancara.


C. Pembiayaan proses seleksi dan selama pendidikan :

  1. Biaya selama proses seleksi sampai dengan pendaftaran ulang setelah calon dinyatakan diterima sebagai taruna ditanggung sepenuhnya oleh calon.
  2. Seluruh biaya pendidikan selama di STMKG ditanggung negara, dan selama mengikuti pendidikan akan diberikan tunjangan ikatan dinas atau tunjangan belajar sesuai ketentuan yang berlaku.
  3. Tidak disediakan asrama selama mengikuti pendidikan.


D. Pendaftaran :



  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website Kemenpan RB (http://panseldikdin.menpan.go.id) dan Panitia PTB-STMKG-2016 (http://ptb.stmkg.ac.id)
  2. Pendaftaran dapat dilakukan antara tanggal 21 Maret 2016 sampai dengan tanggal dengan tanggal 22 April 2016 jam 23.00 WIB.
  3. Calon harus terlebih dahulu yakin dapat memenuhi seluruh syarat butir (A). Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka calon tidak akan diterima sebagai taruna, dan biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diambil kembali untuk alasan apapun.
  4. Sebelum melakukan pendaftaran secara online, persiapkan lebih dahulu NIK, Nomor KK, alamat email dan no handphone yang masih berlaku serta file pasfoto berwarna dalam format jpg, dengan ukuran maksimum 500 KB.


E. Jenis dan Lokasi dan Waktu Test

  1. Test dibagi dalam tiga tahap :
    • Tahap I : Test Kemampuan Dasar (TKD)
    • Tahap II : Test Kemampuan Akademik (TKA)
    • Tahap III : Test Kesehatan dan Wawancara
  2. Test Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) dilaksanakan di Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara dan Daerah dengan sistim CAT (Computerized Assisted Test ). Calon diberikan kesempatan untuk memilih lokasi tes di salah satu dari 20 (dua puluh) Kantor Regional BKN/BKD (http://bkn.go.id). Calon dapat memilih lokasi Test Kemampuan Dasar (TKD) pada waktu melakukan pendaftaran secara online. Ke dua puluh kota tersebut adalah :
    • Aceh
    • Medan
    • Padang
    • Palembang
    • Jakarta
    • Semarang
    • Yogyakarta
    • Surabaya
    • Palangkaraya
    • Pontianak
    • Balikpapan
    • Denpasar
    • Makassar
    • Manado
    • Palu
    • Kupang
    • Ternate
    • Ambon
    • Manokwari
    • Jayapura
    Test Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) diselenggarakan satu kali untuk seorang calon sesuai jadwal yang ditentukan. Apabila calon tidak hadir pada tempat dan waktu yang ditentukan sesuai jadwal, maka calon yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri. Jadwal detil lokasi dan waktu Test Kemampuan Dasar (TKD) serta Tes Kemampuan Akademik (TKA) dapat dilihat pada tanggal 1 Mei 2016 melalui website Panitia PTB-STMKG-2016.


F. Tatacara pendaftaran :

    Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 21 Maret 2016 sampai dengan tanggal 22 April 2016 jam 00.00 WIB melalui website Panitia PTB-STMKG-2016 dengan alamat http://ptb.stmkg.ac.id dengan prosedur sebagai berikut :

G. Pengumuman Final :

  1. Bagi mereka yang telah mengikuti wawancara diminta untuk memberikan kelengkapan administrasi untuk membuktikan bahwa yang bersangkutan memenuhi syarat umum pada butir (A).
  2. Apabila terbukti secara nyata bahwa yang bersangkutan tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka calon yang bersangkutan dinyatakan tidak dapat diterima.
  3. Hasil Kelulusan Final akan diumumkan melalui website Panitia PTB-STMKG-2016 pada tanggal 13 Juni 2016.
  4. Apabila data asli yang kami terima saat daftar ulang tidak sesuai dengan data peserta saat mendaftar di awal maka peserta dinyatakan gagal.


H. Pemberkasan :

  1. Bagi calon yang dinyatakan lulus pada pengumuman final, diharuskan melakukan pendaftaran ulang di STMKG Jakarta, antara tanggal 14 s.d 24 Juni 2016.
  2. Pada waktu daftar ulang, calon harus membawa :
    • Kartu Tanda Peserta PTB-STMKG-2016.
    • Asli ijazah SD, SMP dan SMA/MA/SMK
    • Fotokopi ijazah SD, SMP, SMA/MA/SMK yang dilegalisir, sebanyak 3 (tiga) rangkap.
    • Fotokopi rapor SMA/MA/SMK yang telah dilegalisir secara lengkap sejak Kelas X semester 1 s.d Klas XII semester 2 (termasuk data pribadi pada halaman pertama rapor), sebanyak 3 (tiga) rangkap.
    • Fotokopi akta kelahiran.
    • Asli surat keterangan belum menikah dari Kantor Lurah setempat.
    • Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan
    • Surat pernyataan bermaterai yang ditanda tangani calon dan orangtua/wali tentang kesediaan tidak menikah selama pendidikan, kesanggupan bekerja untuk di unit kerja Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta kesanggupan ditempatkan dimana saja dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

I. Lain – lain :

  1. Calon yang dinyatakan diterima sebagai Taruna wajib menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas. Penandatanganan ini akan dilakukan di kantor pusat BMKG atau di STMKG.
  2. Informasi pendaftaran, pengumuman kelulusan tiap tahap test, atau pengumuman lain berkaitan dengan proses penerimaan taruna baru dapat diakses melalui website PTB-STMKG-2016 (http://ptb.stmkg.ac.id).
  3. Alamat resmi Panitia PTB-STMKG-2016 adalah :
    • Panitia Penerimaan Taruna Baru STMKG TA 2016/2017
    • Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
    • Jl. Perhubungan I No. 5, Komplek Meteo DEPHUB,
    • Pondok Betung, Bintaro, Tangerang.
  4. Panitia tidak melayani telpon atau surat menyurat antara calon atau orangtua/wali calon berkaitan dengan proses pendaftaran.


Tanggal penting penerimaan taruna baru

NOTANGGALKEGIATANLOKASI
121 Maret 2016 – 22 April 2016Pendaftaran OnlinePortal Panseldikdin & Website Panitia PTB-STMKG-2016
222 April 2016Hari akhir pembayaran biaya pendaftaranBank BNI / ATM BNI
31 Mei 2016Jadwal detil Waktu dan Lokasi TesWebsite Panitia PTB-STMKG-2016
411 Mei 2016Mulai Pelaksanaan TKD, TKA dan wawancara bagi yang lulus TKA20 lokasi Kantor Regional BKN/BKD dan UPT BMKG terdekat
524 – 31 Mei 2016Pemeriksaan KesehatanRSUD yang ditunjuk atau Poliklinik STMKG
614 Juni 2016Pengumuman FinalPortal Panseldikdin & Website Panitia PTB-STMKG-2016
715 – 24 Juni 2016Daftar Ulang & Verifikasi BerkasKampus STMKG

24 Komentar untuk "Pendaftaran Mahasiswa Baru STMKG 2016/2017"

  1. kak untuk persyaratan tidak berkacamata berarti tidak boleh minus sama sekali atau bagaimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. liat di Fanpage blog ini dek.. d stu sdh ku posting jawaban dan percakapan dgn helpdesk panitia nya

      berkecamata gk boleh ya.. tpi minus maksimal minus 1

      Hapus
  2. kak untuk persyaratan tidak berkacamata berarti tidak boleh minus sama sekali atau bagaimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Fanpage blog ini ada percakapan dengan helpdesk panitia mengatakan bahwa berkecamata tdk boleh tp minus maks minus 1.. kurang lbh bgtu dek . :)

      Hapus
  3. Bang saya mau tanya sklh saya kan pake kurikulum 2013 trs untuk kelas 3 pelajaran fisika gak ada, nah kayak apa tuh bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. emmm klw berdasarkan aturan persyaratannya sih bunyinya hanya sprti ini

      Lulus atau akan Lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak atau Teknik Komputer dan Jaringan

      Nilai Kognitif untuk Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris di Klas XI semester 2 dan Klas XII semester 1 masing-masing minimal 70 (bukan hasil pembulatan atau hasil rata-rata).

      jdi slama jurusan SMA ya boleh2 aja..kcuali SMK hanya yg kompetensi khusus aja ..

      Hapus
    2. Saya juga tanya ke guru sya, nilai fisikanya gak usah dicantumin, bisa kah itu bang

      Hapus
  4. kak kalo misalnha kita udah daftar dan udah dapat No.pembayaran tapi pas mau bayar ke ATM atau teller bank nya di bilang gak Valid,saya harus bagaimana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gmna dek msh gk bsa kata tellernya..??

      Hapus
  5. Kak wktu tes kesehatan,nnti bkalan di cek tinggi badan y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tinggi badan standarnya ini aja ya Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria, dan 156 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.

      Hapus
  6. Kak,ga ad keringanan kalo tinggi badan tdk memenuhi?

    BalasHapus
  7. Kenapa ngga bisa masuk ke portal instansi padahal NIK,email,dan no hp udah bener kak

    BalasHapus
  8. Kenapa gabisa masuk ke portal instansi padahal NIK,email,dan no hp udah benar kak?

    BalasHapus
  9. kak... nomor registrasi samanya kak dengan nomor transaksi..??
    trus kak.. di sini nomor transaksinya ada dua kak..
    yang bener yang mana kak..
    mohon jawabannya ya kak..
    terimakasih kak.. :)

    BalasHapus
  10. Kak kenapa gabisa masuk ke portal instansi padahal NIK,email,dan no hp udah bener?

    BalasHapus
  11. kak, aku kan lulusan tahun ini, nah rapot yang semester 2 kelas 12 belum ada, untuk pengisian biodatanya kalau dikosongin aja gapapa kak?

    BalasHapus
  12. kak, aku kan lulusan 2016, dan sekarang raport smstr 2 kelas 12 nya blm ada. untuk pengisian biodata nilai smstr 2 kls 12 dikosongin atau gimana ya kak?

    BalasHapus
  13. maaf saya mau brtanya saya sudah membayarkan uang pndaftran 80ribu dan saat itu saya byarnya di Atm dan slipnya ga kluar.atm yg saya pakai itu kbetulan pnya ibu temen saya yg tnggal di luar kota
    saya sudah ke bank dan mereka menyuruh saya menghubungi pihak Stmkgnya
    mohon dibantu ya mas
    soalnya saya tdak bsa lnjut mndftr klo ga ada no di slip pmbyarannya

    BalasHapus
  14. ka di tes kesehatan untuk wanita apakah harus virgin?

    BalasHapus
  15. Ka, kenapa saya tidak bisa login dengan no pembayaran dan no PIN yang saya dapat, sehingga saya tidak bisa melengkapi biodata dan print kartu pendaftaran? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  16. kak,mau nanya sebenarnya pelaksanaan test TKA dan TKD itu tanggal 11 atau 17 Mei kak??

    BalasHapus
  17. Kak, mau tanya. Nanti pas TKD dan TKA itu bawa bukti transfer ga ya ka? Soalnya bukti transferku hilang. Respon ya ka.

    BalasHapus
  18. Min kalau ak lahir 1996 trus daftar tahun 2017 ini masih 20 masih bisa gak? (soalnya di ketentuan tggl 1 september tidak boleh lebih dari 21 semntara ak 1 september 2017 ini udah 21?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, dan terima kasih telah berkunjung di blog kami

Facebook Comments APPID

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel