Akhirnya USM PKN - STAN Tahun 2016 di buka juga

Deadline Pendaftaran: Kementerian Keuangan (PKN-STAN) sebanyak 3.650 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Maret s/d 3 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 20 s/d 24 Juni 2016);


USM PKN - STAN Tahun 2016/2017 - Setelah Kemenpan mengeluarkan surat pengumuman nomor B/1268?M.PAN-RB/03/2016  tentang di bukanya penerimaan mahasiswa baru di  7 sekolah kedinasan (infonya silahkan baca disini), hari ini juga PKN STAN membuka secara resmi penerimaan mahasiswa baru untuk USM PKN STAN tahun 2016, hal ini di tandai dengan diterbitkannya pada laman resmi situs sekolah tinggi akuntansi negara.

PKN STAN yang dulu namanya adalah STAN memang baru-baru ini telah berganti nama menjadi Politeknik Keuangan nNegara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, walaupun secara nama dan penyebutan berbeda namun adik-adik jangan khawatir sekolah ini masih ikatan dinas kok.

Secara pribadi sebenarnya saya lebih senang menyebut STAN daripada PKN-STAN, terasa lebih ribet di lidah hahaha.. (tapi hallooowww gue ini siapa hahaha). okelah kita biasakan penyebutan PKN-STAN aja ya guys.

Sebenarnya ini sureprise juga,,, karena biasanya USM PKN STAN itu bukanya agak belakangan dan bisa di bilang telat lah karena kampus-kampus lain udah pada selesai penerimaan bahkan ada yang sudah memulai perkuliahan, ehhh STAN baru buka. Tahun-tahun kemarin pun biasanya buka penerimaan pada bulan juni atau juli gitu, tapi syukurlah PKN-STAN tahun ini buka lebih cepat,,toh perlu disyukuri kan, karena kita nggak perlu main tebak-tebak an lagi, ada apa nggak penerimaan STAN ya :D :D

Sebenarnya mau ngobrol banyak tentang STAN, tentang dinamika yang berbeda dari kampus lainnya, tentang maba-maba yang diminta tunduk...tunddukk karena kita nggak boleh melihat para mahasiswi,, melirik sih boleh haha.., tentang DO yang menghantui setiap saat dan banyak lagi tapi kali ini bukan waktu yang tepat untuk membahas itu semua... sekarang kita cari tahu dulu apa saja sih yang perlu kita persiapkan jika ingin masuk STAN. Pertanyaan mungkin akan berputar dipertanyaan seperti di bawah ini.: 
  • Apa saja syarat-syarat USM PKN STAN tahun 2016
  • Bagaimana cara pendaftarannya..?
  • sampai kapan kak pendaftarannya..?
  • Jurusan apa saja sih yang ada di STAN..?
  • inilah.. itulah dan masih banyak lagi... yukkk kita cari tahu aja berdasarkan pengumuman resmi dari kampus STAN.

Oya sebelum makin jauh.. saya kasi link download SOAL-SOAL STAN beberapa tahun lalu....silahkan di download di Sini. Semoga bermanfaat... 

Oke lanjut... Nah pertama-tama kamu harus tau dulu dong di STAN itu ada jurusan apa aja sih.? jangan sampe jurusan di STAN aja kalian pada nggak tahu.. hayoo iya kan..?? nah ini jurusan-jurusan yang kalian bisa pilih.

Program Pendidikan 

  1. Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara
  2. Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai
  3. Program Studi Diploma I Pajak
  4. Program Studi Diploma III Akuntansi
  5. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai
  6. Program Studi Diploma III Pajak
  7. Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai
  8. Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara, dan 
  9. Program Studi Diploma III Manajemen Aset       

Syarat-syarat pendaftaran USM PKN-STAN tahun 2016 apa aja kak..??ini dia jawabannya..cekidot dehh,..

Syarat Pendaftaran

  1. Lulusan (tahun 2015 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2016) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar.
    • Untuk lulusan tahun 2015 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00, atau
    • Untuk calon lulusan tahun 2016, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00. dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki nilai rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dingen skala 100,00
      1. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam rapor atau ijazah tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 september 2016 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 September 1996)
      2. Berbadan sehat, dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya)
      3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan
      4. Khusus program studi kepabeanan dan cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut :
        • Untuk program studi Diploma I:
          1. Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm
          2. Perempuan tinggi badan minimal 155 cm
        • Untuk Program studi Diploma III:
          1. Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm
        • Tidak cacat badan
        • Tidak Buta Warna
        • Untuk pengguna kacamata/ lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/ atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri
      5. Menyetor biaya pendaftaran USM sebesat Rp. 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dan biaya yang dikeluarkan akibat transaksi pembayaran tersebut ditanggung oleh pendaftar

      Naahhh gimana cara pendaftaran USM PKN-STAN tahun 2016.., ini kita kasi lagi caranya..

      Tata Cara Pendaftaran

      1. Tahapan pendaftaran meliputi :
        • Registrasi melalui portal Kementerian PAN-RB
        • Pengisian formulir pendaftaran online (e-registration)
        • Penyetoran biaya pendaftaran,dan
        • Verifikasi berkas dan pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU)
      2. Pengisian formulir pendaftaran online (e-registrasi) melalu situs http://www.usm.stan.ac.id, pada tanggal 21 Maret s.d. 3 April 2016
      3. Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) akan mendapatkan kode MVA (mandiri virtual account)
      4. Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:
        • periode pembayaran adalah tanggal 21 maret s.d. 4 April 2016
        • pembayaran dilakukan melalu bank mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking (perhatikan tata cara pembayaran pada http://www.usm.stan.ac.id) dengan menggunakan kode MVA
        • sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam syarat pendaftaran, dan uang yang telah disetorkan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun
        • calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran online (e-registrasi) dan telah melakukan pembayaran di bank pada periode pembayaran, berhak mengikuti verifikasi berkas dan pengambilan BPU
      5. pengumuman jadwal verifikasi berkas dan pengambilan BPU bagi calon peserta ujian dapat dilihat melalui situs http://www.kemenkeu.go.id,http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.stan.ac.id pada tanggal 6 April2016
      6. Calon peserta melakukan verifikasi berkas dan pengambilan BPU di lokasi ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan ketentuan:
        • calon peserta datang sendiri/tidak dapat diwakilkan
        • menyerahkan hasil cetak bukti pendaftaran online (BPO)
        • menunjukkan ijazah asli (untuk lulusan sebelum tahun 2016) atau rapor asli (untuk calon lulusan tahun 2016
        • Untuk lulusan tahun 2016 menyerahkan satu set fotokopi rapor limasemenster selama menempuh Sekolah Menengah Atas atau sederajat (kelas X, XI, dan semester gasal kelas XII) yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/Pejabat yang berwenang, atau untuk lulusan sebelum tahun 2016 menyerahkan fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi oleh kepala sekolah/pejabat yang berwenang  
        • menyerahkan bukti pembayaran dari bank
        • menyerahkan pasfoto studio berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm (berlatar belakang merah dan mengenakan kemeja putih) sebanyak tiga lembar
        • menunjukkan bukti diri asli yang berfoto (Ijazah/KTP/SIM/Paspor/SKCK) yang masih berlaku
        • calon peserta tidak dapat mengajukan perubahan lokasi verifikasi berkas, Pengambilan BPU dan pelaksanaan ujian
      7. pendaftar yang tidak memenuhi ketentuan butir 1 s.d. 6 di atas tidak akan dilayani dan dianggap gugur,
      8. Tempat verifikasi berkas dan pengambilan BPU sesuai dengan pilihan lokasi tes tertulis sebagai berikut :
        • Jakarta
        • Banda Aceh
        • Medan
        • Padang
        • Pekanbaru
        • Batam
        • Jambi
        • Bengkulu
        • Palembang
        • Bandar Lampung
        • Cimahi
        • Semarang
        • Yogyakarta
        • Surabaya
        • Malang
        • Denpasar
        • Mataram
        • Kupang
        • Pontianak
        • Banjarmasin
        • Balikpapan
        • Manado
        • Palu
        • Makassar
        • Ambon
        • Sorong
        • Jayapura

      9. Panduan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada situshttp://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, danhttp://www.stan.ac.id

      apa lagi kak.. tempat pelaksanaan ujiannya dong kak di mana..??? ini dia

      Pelaksanaan Ujian

      1. Ujian terdiri atas : 
        • Tes tertulis (Tes potensi akademik dan tes bahasa inggris) tanggal 15 Mei 2016 di lokasi sebagai berikut :
          1. Jakarta
          2. Banda Aceh
          3. Medan
          4. Padang
          5. Pekanbaru
          6. Batam
          7. Jambi
          8. Bengkulu
          9. Palembang
          10. Bandar Lampung
          11. Cimahi
          12. Semarang
          13. Yogyakarta
          14. Surabaya
          15. Malang
          16. Denpasar
          17. Mataram
          18. Kupang
          19. Pontianak
          20. Banjarmasin
          21. Balikpapan
          22. Manado
          23. Palu
          24. Makassar
          25. Ambon
          26. Sorong
          27. Jayapura
        • Tes kesehatan-kebugaran tanggal 30 Mei s.d. 4 Juni 2016 di lokasi sebagai berikut : 
          1. Jakarta
          2. Mendan
          3. Pekanbaru
          4. Palembang
          5. Cimahi
          6. Semarang
          7. Yogyakarta
          8. Surabaya
          9. Malang
          10. Denpasar
          11. Makassar
        • Tes Kemampuan Dasar tanggal 20 s.d. 24 Juni 2016 di lokasi sebagai berikut : 
          1. Jakarta
          2. Mendan
          3. Pekanbaru
          4. Palembang
          5. Cimahi
          6. Semarang
          7. Yogyakarta
          8. Surabaya
          9. Malang
          10. Denpasar
          11. Makassar
      2. Ujian menggunakan sistem gugur pada setiap tahapan ujian
      3. Tes tertulis dilaksanakan secara serentak di seluruh lokasi ujian mulai jam 08.00 WIB/09.00 WITA/10.00 WIT
      4. Pada saat ujian peserta harus membawa : 
        • Bukti Peserta Ujian
        • Identitas diri asli yang berfoto (Ijazah/KTP/SIM/Paspor/SKCK) yang masih berlaku, dan
        • Pensil 2B, penghapus, ballpoint dan perlengkapan ujian lain yang diperlukan
      5. Peserta ujian yang tidak hadir dan/atau tidak mampu menempuh ujian dengan alasan apapun pada waktu, hari, tanggal dan tempat yang telah ditentukan dinyatakan gugur
      Nah itulah dia sekelumit syarat-syarat pendaftarn PKN STAN tahun 2016 dan bagaimana cara pendaftarannya. jika ada yang kurang di pahami dipersilahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini.. 

      Thank you... 

      19 Komentar untuk "Akhirnya USM PKN - STAN Tahun 2016 di buka juga"

      1. Registrasi PAN-RB itu gimana ya kak

        BalasHapus
      2. KAK MAKSUD DARI REGISTRASI MELALUI PORTAL PAN-RB ITU GIMANA YA ?

        BalasHapus
      3. MAKSUD REGISTRASI MELALUI PORTAL PAB-RB GIMANA >?

        BalasHapus
        Balasan
        1. saya juga baru mendengar klau ada registrasi di portal menpan,, mungkin maksudnya alur registrasi bisa di lihat di portal menpan (http://www.panseldikdin.menpan.go.id/) itu linknya.. info itu bisa di lihat di twitter resmi STAN dgan akun https://twitter.com/usmstan. alasannya karena selama ini pendaftaran online stan itu melalui website khusus/tersendiri di http://www.usm.stan.ac.id/ tapi biasanya link tersebut baru bisa di akses pada saat tngl di buka nya pendaftaran online... sekian

          Hapus
        2. http://panseldikdin.menpan.go.id/

          Hapus
      4. mohon bantuannya yg mana nomer kode MVA itu??

        BalasHapus
        Balasan
        1. coba perbaiki lagi step nya dek.. mgkn ad yg ke lewat atau salah caranya.. nah boleh juga di coba dgn pindah ke bank lain :)

          Hapus
      5. Kenapa kode MVA nya gak bisa? Udah 2 kali ke bank katanya gak bisa? Tolong bantuannya thx^^

        BalasHapus
        Balasan
        1. pihak bank bilang apa dek..?? masa iya gk ke detec..?? klw coba coba kamu kontak twitter https://twitter.com/usmstan

          pkoknya coba aja tiap hari smbil kontak info resmi STAN dan tanyakan ttg itu.. bisa saja karena sistem lagi sbuk banget jdi overload gtu..

          Hapus
      6. Aku juga ada masalah di kode MVA
        Ketika transfer kode MVA tidak ditemukan gitu. Itu gimana?

        BalasHapus
        Balasan
        1. sesuai aturannya bgini "Peserta harus menyetorkan uang pendaftaran ke rekening MVA yang tercantum di BPO masing-masing pendaftar. Kode MVA setiap pendaftar berbeda-beda."

          harusnya klw adek sdh melakukan prosedur yg ssuai mgkn tdk akan terjadi.. nah klw pun ternyata masih ada bisa saja.. pda saat itu ganggua jaringan shingga kode punyamu tdk terdetec..

          sy srankan coba lagi besoknya atau d bank lain :)

          smga bsa membantu ..

          Hapus
      7. Kak kalo ketika transfer kode MVA tidak ditemukan itu gimana?

        BalasHapus
        Balasan
        1. sesuai aturannya bgini "Peserta harus menyetorkan uang pendaftaran ke rekening MVA yang tercantum di BPO masing-masing pendaftar. Kode MVA setiap pendaftar berbeda-beda."

          harusnya klw adek sdh melakukan prosedur yg ssuai mgkn tdk akan terjadi.. nah klw pun ternyata masih ada bisa saja.. pda saat itu ganggua jaringan shingga kode punyamu tdk terdetec..

          sy srankan coba lagi besoknya atau d bank lain :)

          smga bsa membantu ..

          Hapus
      8. Aku sudah nyobak pakek atm mandiri kak tapi gak bisa lagi
        Kalo pakek bank lain kan dianggap tidak membayar
        Petugas banknya bilang mvanya tidak terdeteksi
        Minta akunya stan yang bisa dihubungi kak

        BalasHapus
        Balasan
        1. iya mksdh kk itu coba bank lainnya ttap mandiri atau di atm lain.. yah kali aja bisa namanya jg sistem hehe. jadi coba aja..

          terus udah coba bicara sm teller bank jg gk..?? coba langsung melalui tellernya aja jangan lewat atm..

          klw pun masih bisa berarti emang ada yg error di sistem wktu kmrn adek daftar..

          coba kontak di twitter nya usm https://twitter.com/usmstan
          atau emailnya usm usm@stan.ac.id

          Hapus
      9. Kak , apakah biaya pendaftaran online stan berbeda tiap tahunnya ?

        BalasHapus
        Balasan
        1. emmm ada perubhan sih tpi gk terllu signifikan kok... sy wktu daftar dlu tahun 2008 klw gk salah masih 100 rbuan.. skrg aja 250 an,, mgkn thun dpn masih segtu :)

          Hapus
      10. kak kalo misalnya kita berhalangan hadir pada saat waktu verifikasi berkas yg udah ditentuin, bisa gak kita dateng di waktu yg lain? dan kalo misalnya kita gak boleh, apa nanti akan dinyatakan gugur? tolong infonya ya kak :)

        BalasHapus
      11. Oviani Fadzilah13 Mei 2016 21.16

        Kak boleh tidak saya membawa identitas diri yang tidak sesuai di BPU saat pelaksanaan USM PKN STAN tgl 15 mei nanti?
        Identitas diri yang tertera di BPU saya kan KTP, nah KTP saya hilang, sudah dicari tidak ketemu juga. Mohon bantuannya kak.

        BalasHapus

      Silahkan berkomentar, dan terima kasih telah berkunjung di blog kami

      Facebook Comments APPID

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel