Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Apa yang terlintas di pikiran anda ketika mendengar Sekolah Tinggi Intelijen Negara...??? Kerahasiaan..?misterius..?mata-mata..?skill khusus..?? dan lainnya... yahh pendapat itu mungkin sah-sah saja terlintas di benak kita semua karena sekolah ini memang merupakan sekolah khusus dipersiapkan untuk mendukung keamanan nasional.
Oke sobat semua, kali ini saya akan membahas salah satu sekolah kedinasan yang mempunyai ciri khas tersendiri di mana lulusannya memang di persiapkan untuk kegiatan rahasia yang bersifat intelijen guna mendukung keamanan Nasional. Para siswa yang beruntung lulus di sekolah ini adalah mereka yang merupakan siswa(i) pilihan dan kemampuan di atas rata-rata, karena untuk masuk di sekolah ini pun akan melalui tes yang sangat ketat.

Nah biasanya yang di cari informasi oleh adik-adik yang baru selesai di sekolah menengah adalah sekolah kedinasan yang gratis dan setelah lulus bisa langsung jadi PNS yahh minimal mendapat pekerjaan lah. Berdasarkan info yang saya dapat sekolah ini juga memberikan biaya pendidikan GRATIS kepada siswanya dan setelah lulus akan di angkat menjadi PNS. Kampus STIN berada di Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat.

Penerimaan Mahasiswa baru STIN Tahun 2015 telah resmi di tutup pada tanggal 8 Desember 2014 s/d 30 Januari 2015

Untuk lebih mengenal tentang Sekolah Tinggi Intelijen Negara silahkan dilanjut :)

SEJARAH
Berawal dari satu pemikiran bahwa intelijen merupakan satu disiplin ilmu yang dapat dipelajari, maka pada 2002 Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal TNI (Purn) Dr. A.M. Hendropriyono memprakarsai pendirian Sekolah Tinggi Intelijen Negara. Selanjutnya pada 9 Juli 2003 Presiden RI meresmikan berdirinya STIN dan tahun 2004 dimulai kuliah perdana. Sesuai UU 17/2011 Alumni STIN menjadi sumber utama SDM BIN.


VISI DAN MISI
STIN memiliki visi menjadi pusat pendidikan dan kajian akademik intelijen unggulan bertaraf internasional untuk medukung kepentingan dan keamanan nasional

STIN memiliki misi

  1. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, memiliki loyalitas tinggi, mandiri, professional, kompetitif yang dapat memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan dengan menjunjung tinggi kode etik intelijen negara.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan sarjana intelijen yang berorientasi pada keunggulan, kejujuran, karakter dan integritas serta kewibawaan akademik yang menjunjun tinggi nilai-nilai kemanusiaan, HAM, demokrasi serta hokum dalam rangka memberikan sumbangan kemajuan masyarakat.
  3. Mengembangkan keilmuan bidang intelijen melalui kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak sesuai dengan perkembangan untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan intelijen yang luas, ketrampilan berpikir analisis yang tajam serta keunggulan dalam penyelidikan, pengamanan dan penggalangan baik di tingkat nasional dan internasional.
  4. Mengembangkan gagasan kreatif dan inovatif melalui kajian intelijen strategis yang ilmiah serta proses belajar dan mengajar aktif, sehingga mampu beradaptasi untuk mengantisipasi perubahan serta perkembangan ilmu, teknologi dan seni intelijen mutakhir secara berkelanjutan

TUJUAN

  • Menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat intelijen yang memiliki kemampuan akademik dan/atau keahlian professional sehingga dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang intelijen.
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang intelijen serta penerapannya untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

KURIKULUM
Kurikulum STIN berbasis kompetensi terdiri atas :

  1. Kompetensi utama
  2. Kompetensi pendukung
  3. Kompetensi khusus yang relevan dengan kompetensi utama
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang intelijen serta penerapannya untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mata kuliah STIN terdiri atas :

  1. Landasan kepribadian
  2. Penguasaan keilmuan dan ketrampilan
  3. Kemampuan berkarya
  4. Sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan ketrampilan yang dikuasai

Pengembangan minat dan bakat :

  1. Seni dan Budaya
  2. Bela Diri (Tae Kwon Do, Karate, Pencak Silat)
sumber: situs resmi Badan Intelijen Negara di http://www.bin.go.id/
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
Anonim
admin
28 Januari 2016 21.43 ×

cool abis
pengen banget k STIN
tp seleksi kres sm ujian praktek

Reply
avatar
syihab riziq
admin
8 Februari 2016 06.54 ×

untuk STIN ini ada berapa jurusan? dan apa aja jurusannya?

Reply
avatar
Cut Dianun
admin
18 Juli 2016 01.01 ×

Stin buka gel ke tiga tidak ?

Reply
avatar

Silahkan berkomentar, dan terima kasih telah berkunjung di blog kami ConversionConversion EmoticonEmoticon